Cara Backup Driver Komputer Atau Laptop Dengan Mudah | Hardilist

Cara Backup Driver Komputer Atau Laptop Dengan Mudah

cara membackup driver
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara backup driver komputer atau laptop dengan mudah dan simple. Oke sebelumnya driver ini merupakan kumpulan software yang mendukung hardware-hardware yang ada di sebuah komputer dengan sistem operasi Window yang mana sebuah hardware membutuhkan sebuah driver untuk berjalan di dalam sistem operasi , misalnya driver untuk Tampilan (VGA) jika tidak ada driver maka tampilan window di laptop atau komputer kita tidak bagus atau tidak sesuai resolusi nya. 

Biasanya jika kita membeli sebuah komputer atau laptop baru kita akan mendapatkan CD/DVD driver untuk komputer atau laptop kita, namun bagi sobat yang komputer atau laptop nya tidak memiliki driver mungkin bisa saja hilang atau rusak bisa mencoba trik saya ini. Salah satu tujuan kita membackup driver ini untuk menginstall nya kembali pada saat kita melakukan install ulang window di komputer atau laptop. Tentu nya bagi sobat yang tidak memiliki driver bawaan sangat penting untuk membackup tdriver terlebih dahulu sebelum menginstal ulang window, dari pada harus membuang waktu dan kuota untuk mendownload nya di internet. 

Lalu bagaimana cara nya ? Nah berikut ini akan saya berikan langkah-langkah mem-backup driver di komputer atau laptop sobat menggunakan aplikasi Double Driver. Mari kita simak langkah-langkah ibawah ini

Langkah-langkahnya :

1. Download dulu aplikasi nya Di Sini. Aplikasi Double Driver ini berbentuk portable dengan ukuran 2.1MB

2. Setelah aplikasi terdownload kemudian extrak file yang di download tadi lalu sobat akan menemukan beberapa file, cara file dd.exe dan jalankan sebagai administator maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

cara backup driver


3. Kemudian klik menu backup disamping kanan menu home lalu kelik tombol scan current system di bagian bawah yang ditunjukkan pada lingkaran di gambar dan sobat bisa memilih driver apa saja yang akan di backup dengan mencentang nama-nama driver yang ada di list atau sobat bisa memilih semuanya dengan menu select > All. Kemudian klik Backup Now disebalah kanan bawah.

cara membackup driver


4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di gambar. Destination merupakan tempat menyimpan hasil backup yang kita lakukan secara default akan berada di C:/user/user/Document/Double Driver Backup/. Lalu ada output yang merupakan keluaran hasil backup sobat pilih saja format ZIP.

cara membackup driver


5. Tunggu program membaca driver yang ada pada komuter atau laptop sobat dan proses backup samapai dengan selesai.

cara membackup driver


6. Jika ada pemberitahuan seperti gambar di bawah tandanya proses backup telah sukses dan selesai. Driver bisa sobat simpan di tempat yang aman dan sewaktu-waktu dapat sobat gunakan kembali. 

cara backup driver


Cukup mudah bukan, oke mungkin itu saja dari saya tentang cara backup driver komputer atau laptop dengan mudah, semoga bermanfaat buat sobat-sobat semua. Terimakasih telah berkunjung. Keep Enjoy!

2 komentar :