Cara Koneksi Dua Laptop Menggunakan Kabel LAN Di Windows 7 | Hardilist

Cara Koneksi Dua Laptop Menggunakan Kabel LAN Di Windows 7

Cara Koneksi Dua Laptop Menggunakan Kabel LAN Di Windows 7
Ini berawal dari pengalaman saya saat berkunjung ke kost teman saya untuk ngerjain suatu proyek, awal nya teman saya meminta file dari laptop saya tapi teman saya itu gak punya flashdisk, flashdisk sama harddisk portable saya juga ketinggalan dirumah mau balik lagi kerumah males karena cukup jauh juga perjalanan, alhasil saya memberikan ide untuk menggunakan kabel LAN, kebetulan teman saya memiliki kabel LAN yang masih bagus bekas modem internetnya dan akhirnya file pun bisa terkirim ke laptop teman saya itu dan masalah terselesaikan.

Bagi sobat yang memiliki pengalaman yang sama atau ingin menkoneksikan 2 laptop menggunakan kabel LAN atau UTP untuk tujuan tertentu misalnya mengirim data antara 2 laptop atau bermain game seperti game Counter Strike (CS) di LAN dll, kali ini saya akan memberikan tip tentang cara menkoneksikan 2 laptop menggunakan kabel LAN pada Windows 7. Yuk mari kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah-langkah nya

1. Masukkan kebel LAN ke port LAN di laptop pertama dan laptop kedua
2. Buka control panel pada kedua laptop dan pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Advenced Sharing Setting.
3. Di menu Change Advenced Sharing Setting pada current profil dan public pilih Turn on Network Discovery, Turn on file and printer sharing, Turn on public folder sharing dan Turn off password protected sharing
Cara Koneksi Dua Laptop Menggunakan Kabel LAN Di Windows 7
Change sharing option
4. Setelah itu kembali ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center, pilih change adafter settings lalu klik kanan pada LAN Network > Properties pada tab Networking pilih Internet protocol version 4 (TCP/IPv4) lalu klik properties akan muncul tab baru dan pilih Use the following IP addres. isi dengan :
Laptop pertama
IP address : 192.168.0.1
Subnet mask : 255.255.255.0
Laptop kedua
IP address : 192.168.0.2
Subnet mask : 255.255.255.0

5. Jangan lupa untuk mematikan Windows Firewall dengan cara masuk ke Control Pane > System and Security > Windows Firewall pilih Turn Of window firewall

Mengecek Koneksi

Setelah melakukan setting seperti di atas sobat bisa mengecek apakah koneksi 2 laptop tersebut sudah tersambung atau belum dengan cara :
Buka Command Prompt (CMD) pada laptop 1 lalu ketik ping 192.168.0.2, bila muncul seperti ini Replay from 192.168.0.2 berarti sudah terkoneksi, bila belum terkoneksi coba cek sambungan kabel atau ganti kabel yang masih berfungsi. Dan lakukan hal yang sama pada laptop yang kedua

Cara Sharing File and Folder

Lalu cara untuk mentransfer file antara laptop pertama dan kedua, caranya adalah :
Pada laptop pertama pilih folder apa saja yang ingin di share,contohnya folder musik klik kanan pada folder musik tersebut pilih tab sharing lalu klik share dan akan muncul tab baru lalu pilih Everyone dan klik Add, kemudian Permission Level pilih Read/Write dan klik tombol Share. Dan sobat bisa lihat di laptop yang kedua buka my computer klik network yang berada di bawah my computer, maka akan muncul folder pada laptop 1 yang telah di share tadi.

Cara Koneksi Dua Laptop Menggunakan Kabel LAN Di Windows 7
Setting Share Folder
Nah cara di atas adalah untuk mentransfer Folder dan file dari laptop pertama ke laptop kedua, sobat bisa juga melakukan transfer sebaliknya dari laptop kedua ke laptop pertama dengan cara yang sama juga.

Oke Sekian, Semoga bermanfaat
Keep Enjoy!

6 komentar :

  1. Alhamdulillah.ok. terimakasih banyak. Semoga ilmunya berkah buat orang banyak. Dan semoga Allah membalasnya dengan berlipatganda.

    ReplyDelete
  2. Terima kasiH

    Ilmu ini sangat bermanfaat buat saya
    Saya jurusan TKJ dan akan praktek menguhungkan jaringan antar laptop setelah praktek crimping kabel LAN.

    ReplyDelete