Turotial Membuat Database java atau JavaDB di Netbeans | Hardilist

Turotial Membuat Database java atau JavaDB di Netbeans


Kali ini ane akan memberikan Tutorial cara membuat java DB/ Apache Derby di netbeans. Disini ane menggunakan Netbeans 7.0.1. Apa itu Java DB/ Apache Derby? Java DB adalah database yang fungsinya sama dengan SQLite. Java DB/Apache Derby sudah include di dalam JDK6. Dan kita dapat langsung membuat databasenya di dalam IDE Netbeans
.


Ok langsung aja kita mulai, berikut Tutorial cara membuat database java DB di Netbeans :


1. Pertama Buka Netbeansnya dan kilk pada tab Service.Klik kanan JavaDB dan pilih start server.





2. Sekarang klik kanan lagi pada JavaDB dan pilih Create Database.Nah disini kita akan membuat nama  database,username,dan password.Setelah diisi klik OK.



3. Jika berhasil maka database yang anda buat akan tampil di bawah JavaDB.Untuk mengaktifkan database yang anda buat klik kanan pada nama database tadi dan pilih Connect.



4. Langkah selanjutnya,klik pada (+) database anda.Maka akan ada tampilan seperti ini.


5. Cara untuk membuat tabel adalah klik (+) APP, lalu klik kanan pada Table dan pilih Create Table.Disini kita membuat tabel dan add Column untuk fieldnya.



 6. Selesai.Pada tahap ini kita telah selesai membuat Database,Tabel,beserta Fieldnya.Untuk melihat tabel yang kita buat klik kanan pada Tables dan pilih View Data. Kalau berhasil maka anda akan mendapatkan tampilan seperti ini :




Ok demikianlah Tutorial cara membuat database Java DB di Netbeans , Semoga bermanfaat.

0 komentar :

Post a Comment