Solusi Drive C Tiba-Tiba penuh di Windows | Hardilist

Solusi Drive C Tiba-Tiba penuh di Windows

Ini bermula ketika saya membuka laptop saya untuk buat tugas kuliah, lalu begitu saya membuka Windows Explorer di laptop pemanandang horor terpampang jelas didepan saya, Ya partisi drive C saya berubah warna bar nya menjadi merah dan itu artinya tidak baik bagi saya. Sakit hati saya melihat pemandangan itu betepa sungguh terguncang hati saya pada waktu itu. Apa salah saya, padahal sebelumnya saya gak pernah instal aplikasi yang aneh atau menyimpan file dengan jumlah yang besar,pertanyaan yang muncul di dalam hati saya waktu itu, kemana pergi nya space yang lain? ke mars? gak mungkin!

Selang beberapa menit kemudian saya mendapatkan ide untuk mengatasi masalah ini, yaitu saya menggunakan aplikasi CCleaner dan berharap masalah akan terselesaikan, tetapi kenyataan berkata lain partisi drive C saya tetap merah dan membuat saya gusar.

Lalu saya mencoba cara lain yaitu dengan Disk Cleanup punya windows yang biasa di akses dengan klik kanan partisi C lalu pilih properties / disk cleanup. Dan lagi-lagi cara ini tak berhasil dan membuat saya semakin galau, uring-uringan, dan gak nafsu makan.Lebay!

Dan kemudian saya mencoba untuk tenang menarik nafas panjang lalu dihembuskan perlahan. Saya mencoba konsentrasi menenangkan pikiran lalu saya tertidur dan semenit kemudian saya terbangun lagi karena ibu saya berteriak menyuruh saya pergi ke warung membeli terasi. Diperjalanan sepulang dari warung tba-tiba terlintas dipikiran saya untuk mencari jawaban nya di internet. Karena jarak warung dari rumah saya sukup jauh lalu saya memutuskan untuk berlari sekencang-kencangnya dengan kecepatan cahaya menuju rumah saya dan semua tetangga pada ngelihatin saya aneh berlari sambil membawa terasi.

Setelah sampai dirumah, saya langsung menuju laptop saya dan saya ubek ubek itu internet untuk mencari jawaban atas musibah yang menimpa saya ini. Dan kemudian saya menemukan ide untuk mengatasi masalah drive C tiba-tiba penuh sendiri ini. Nah langkah-langkah nya gan seperti ini. Mari kita simak

Pertama

Pertama buka My Computer / This PC di laptop agan contoh laptop saya seperti digambar Drive C saya tinggal 11,5 GB


Kedua

Selanjutnya klik kanan pada Computer/This PC lalu pilih properties pilih System Protection di sebelah kiri kemudian pilih drive Local Disk C lalu klik Configure setelah itu klik Delete pada tampilan selanjutnya.













Ketiga

Dan yang terakhir klik Continue tunggu beberapa saat Setelah selesai klik oke.










Dan.. yess! akhirnya berhasil gan drive C saya free nya jadi 26.8 GB yang sebelumnya free 11.5 GB. Berkurang sekitar 15 GB gan. Perasaan saya jadi lega pada waktu itu gan semua nya jadi terlihat indah seneng banget saya gan gak bisa di ungkapkan dengan kata-kata deh hehe. Nah apa penyebabnya sehingga drive C tiba-tiba penuh menurut saya sih karena banyak file-file sampah dari program aplikasi kita, file-file error, history-history cache bekas browsing internet, file restore point, atau bisa juga virus dan tanpa kita sadari kita menggunakan aplikasi yang menyimpan file-file yang besar.











Mungkin sekian dulu gan ulasan saya di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi. Maaf gan kalo ada salah kata, semoga bermanfaat buat agan semua. Terimakasi, Keep Enjoy!

10 komentar :