Cara Membuat Blog Di Blogspot Terbaru | Hardilist

Cara Membuat Blog Di Blogspot Terbaru

Cara membuat blog di blogger
Blog merupakan singkatan dari web blog, yang merupakan aplikasi berbasis web yang diperuntukkan untuk memposting tulisan-tulisan atau pun gambar sebagai sarana informasi yang di share oleh penulis blog itu sendiri. Pada awalnya blog di populerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra labs, namun pada awal 2003 Blogger.com telah di akuisisi oleg Google. Nah pada postingan kali ini saya ingin memberikan informasi bagaimana cara membuat blog di blogspot atau di Blogger.com. Sebenarnya selain blogspot masih ada lagi platform blog lain seperti Wordpress, Tumblr, Weebly dan lain-lain, namun yang akan saya bahas disini ada Blogspot dari google. Blog ini bisa sobat gunakan untuk sekedar megsi waktu luang, mempublish tulisan-tulisan bagi yang sangat hoby menulis, atau bisa untuk berjualan dan mempromosikan produk-produk yang sobat punya. Dan juga sobat bisa memperoleh penghasilan dari blog gratis ini yang tentunya yang tentunya dengan aturan-aturan tertentu. Oke tanpa perlu banyak berbasa-basi lagi mari kita simak cara membuat blog dengan blogspot atau blogger.com di bawah ini.

Cara membuat Blog di Blogspot
1. Yang pertama kali sobat lakukan untuk membuat blog adalah sobat harus mempunyai sebuah email dari google atau gmail, bagi sobat yang belum punya akun google/gmail bisa mendaftar di sini.

2. Jika sobat sudah memiliki akun gmail bisa langsung menju halaman Blogger.com dengan cara mengetikkan blogger.com di address bar browser yang sobat punya. Atau bisa klik link ini.

3. Setelah itu masuk ke blogger.com dan login menggunkan akun gmail sobat.

Cara membuat blog di blogspot

4. Setelah itu sobat akan di bawa ke halaman dashbor blogger dan untuk membuat blog baru sobat bisa klik button Blog Baru seperti di lingkaran merah pada gambar di bawah

Cara membuat blog di blogger

5. Kemudian sobat harus mengisi data pada beberapa kolom.

Kolom Judul : Isi dengan judul blog sobat,
Kolom Alamat : sobat isi dengan alamat blog yang sobat inginkan contohnya seperti saya : example-hardy.blogspot.com dan yang mana nanti bisa sobat ganti dengan nama domain sendiri seperti .com, .net dan lain-lain yang tentunya bisa sobat beli sendiri dari penyedia domain yang ada.
Templete :  Sobat bisa memilih Templete yang sobat inginkan.

Setelah selesai sobat bisa klik tombol buat blog! seperti pada tanda panah gambar di bawah.

Cara membuat blog di blogger.com

6. Dan selesai, blog sobat sudah selesai dibuat dan sobat akan berada pada dashbor blog yang sobat buat. Seperti pada gambar di dalam dashbor ini ada beberapa menu pada samping kiri diantaranya menu :

Entri Baru : Untuk membuat artikel/postingan yang akan sobat piblish di blog sobat.
Ikhtisar : Penjelasan singkat tentang blog sobat seperti statistik blog
Pos : Menu untuk melihat postingan-postingan yang sobat buat untuk di edit lain-lain
Laman : Menu untuk membuat laman statis pada blog sobat seperti about, sitemap, disclaimer dll
Komentar : Menu untuk memoderasi komentar yang masuk ke blog sobat
Google + : Tentang akun google plus sobat, sobat bisa mengaitkan blog sobat dengan akun google plus
Statistik : Melihat statistik blig sobat seperti jumlah penayangan dan lain-lain
Kampanye : Fitur untuk mempromosikan blog sobat dengan google adwords
Tata letak : Fitur untuk mendesain blog anda seperti menambah beberapa widget.
Templete : Sobat bisa membackup dan mengganti templete blog sobat, juga bisa meng-edit htlm blog
Setelan : Mengkonfigurasi blog sobat agar menjadi lebih baik.

Untuk melihat blog yang sobat buat klik tombol lihat blog pada panel bagian atas, dan untuk keluar atau logout sobat bisa klik menu di samping kanan atas dan klik keluar.

Cara membuat blog di blogger

Oke cukup sekian dulu dari saya tentang cara membuat blog di blogspot, untuk selanjutnya sobat bisa mendesain blog sobat sesuai yang sobat inginkan, dan insya allah pada postingan selanjutnya saya akan memberikan tip mengenai cara mendesain blog sobat agar terlihat cantik hehe. Baik lah semoga bermanfaat dan tetap Keep Enjoy!

2 komentar :

  1. makasi infonya, kebetulan juga lagi buat blog baru. mampir min Omah Blog

    ReplyDelete