Membuat 3D Hologram Sederhana Dengan Smartphone | Hardilist

Membuat 3D Hologram Sederhana Dengan Smartphone

Pernahkan membayangkan membuat 3D Hologram? Jangan bayangkan hal yg ribet2 gan. Berkat hasil perjalanan ane di dunia internet, ane mendapatkan hal yang sangat kreatif tentunya bagi kita yang hobby beraktifitas. Ya itu dia kita akan membuat 3D hologram sederhana dengan memanfaatkan smartphone yg kite punya gan, bagi yang belum punya smartphone ya harap bersabarlah hehe. Ya walo pun sederhana tapi ini keren banget gan, sangat sederhana.

Hologram 3d sederhana
Tampilan hologram 3D sederhana dengan menggunakan ponsel android ane

Nah, langsung aja deh gan2 sekalian berikut ini alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 3D hologram dengan smartphone :
  1. Sediakan sebuah pensil dan penggaris
  2. Kertas grafik ( kalo gak ada kertas biasa aja)
  3. Kotak CD bekas/yg gak kepake yang transparan a.k.a bening
  4. Pulpen
  5. Gunting
  6. Pisau pemotong (cutter)
  7. Pita isolasi transparan atau lem super 
  8. Smartphone ( ya, iya lah)
Setelah bahan – bahan dipersiapkan, langkah pertama  agan-agan sekalian perlu membuat gambar segitiga dengan sumbu tumpul atau trapesium (silakan dilihat contohnya dalam video di bawah)  untuk digunakan sebagai cetakan pada CD bekas tersebut. Setelah cetakan gambar segitiga tersebut selesai, maka selanjutnya potong kemudian tempelkan di CD tersebut lalu potong CD sesuai dengan cetakan  tersebut menggunakan pisau pemotong (cutter). Hati-hati jangan sampai jari agan yang kepotong.


Membuat 3D Hologram Sederhana Dengan Smartphone
Gambar pola segitiga dengan ujung tumpul untuk membuat cetakan potongan CD

Dengan cetakan dari kertas tadi buatlah 4 buah potongan CD yang sama dan sebangun (kongruen) dengan menggunakan cetakan tersebut. Rekatkan ke-empat potongan tersebut hingga membuat sebuah kotak persegi dengan menggunakan lem atau isolasi (lihat gambar dibawah ini).

Rekatkan ke-4 potongan CD dengan menggunakan lem atau isolasi

Setelah selesai, sekarang letakkan 3D hologram yang kita buat tadi di atas layar smartphone yang agan punya. Kemudian buka youtube untuk menampilkan video 3D hologram nya gan. Agan dapat mencari video nya di youtube dengan kata kunci "3D hologram smartphone", disono banyak video nya gan. Nah, sekarang biar hasilnya maksimal matikan lampu kamar atau ruangan agan dan lihat hasilnya. Woowww keren kan gan walau pun sederhana.

3D hologram http://hardilist.blogspot.com

Nah, itulah cara sederhana membuat hologram 3D dengan menggunakan smartphone dan beberapa bahan dari barang bekas yang bisa agan-agan buat sendiri saat sedang waktu luang di rumah. Bagaimana, mudah sekali membuatnya bukan?.

Dan ini videonya :




2 komentar :